NSU adalah pabrikan Jerman yang memegang beberapa rekor-@manandthemachines-instagram
Namun, ia secara tidak sengaja menemukan iklan NSU Prima 3 tahun 1959 yang terbengkalai.
NSU adalah pabrikan historis Jerman yang terkenal karena memegang beberapa rekor kecepatan darat.
Mereka sempat memproduksi Lambretta di bawah lisensi sebelum akhirnya membuat versi mereka sendiri, yang dinamai Prima 3 dan Prima 5.
Kris, yang jatuh cinta pada kelangkaan dan bentuk unik NSU Prima, memutuskan untuk membeli motor yang kondisinya sudah dibongkar total.
BACA JUGA:Yamaha CustoMAXi Makassar 2025: Rayakan Satu Dekade MAXi dan Kejutan Undian Berhadiah
Menyadari kesamaan konstruksi NSU Prima dengan Lambretta, Kris merencanakan untuk melakukan transplantasi suku cadang besar-besaran, hanya menyisakan rangka dan sebagian bodywork asli NSU.
Semua komponen lainnya akan diganti dengan suku cadang performa Lambretta atau dibuat secara khusus (fabricated).
Motor NSU Prima asli yang hanya bertenaga 7 HP dicampakkan. Sebagai gantinya, Kris memasang mesin all-new yang dibangun khusus.
Mesin baru ini menggunakan crankcase aluminium Casa Performance dan silinder prototipe yang di-tweak hingga menghasilkan output fantastis yaitu 56 HP.
BACA JUGA:Sentuhan Sporty Katros Garage pada ALVA Cervo di IMOS 2025
Skuter NSU Prima 3 modifikasi ini menjadi juara Best Style di Glemseck 101-@manandthemachines-instagram
Komponen performa tinggi lainnya, seperti knalpot, kopling, dan transmisi, juga berasal dari Casa, sementara karburator dan pompa bensin menggunakan merek Dell'Orto.
Untuk mengatasi rasio power-to-weight yang gila ini, Kris harus melakukan modifikasi geometri yang ekstrem.
Tugas utamanya adalah memperpanjang jarak sumbu roda (wheelbase) dan merelokasi berat motor ke depan agar roda depan tetap menapak saat start.