Kesulitan Menyalakan Motor di Pagi Hari? Ikuti Panduan Berikut Ini
Kesulitan Menyalakan Motor di Pagi Hari? Ikuti Panduan Berikut Ini-Ilyasa Fajrin-Dok. Duniascooter
BACA JUGA:Jangan Coba-Coba Melanggar! ETLE Dipantau 24 Jam, 'Kelakuan' Scooteris Pelanggar Pasti Terekam!
Jika usia pemakaiannya sudah mencapai batas (umumnya direkomendasikan pabrikan antara 8.000 hingga 12.000 kilometer), segera ganti busi dengan yang baru sesuai spesifikasi pabrik untuk memastikan percikan api tetap optimal.
Memerhatikan Aliran Bahan Bakar
Suhu dingin di pagi hari menuntut atomisasi (pengkabutan) bahan bakar yang sangat halus agar dapat bercampur sempurna dengan udara.
Jika terdapat hambatan dalam sistem suplai, campuran udara dan bensin akan terganggu, menyebabkan mesin sulit berputar.
BACA JUGA:Cek Lokasi! Daftar SPBU Shell yang Jual Shell Super di Jabodetabek, Bandung, dan Cirebon
Komponen seperti filter bahan bakar yang kotor, selang bensin yang mungkin tersumbat sebagian, atau adanya kerak pada throttle body (untuk injeksi) atau karburator dapat menjadi penghalang kritis.
Solusi dan perawatan untuk aliran bahan bakar ini yaitu pastikan filter bensin diganti sesuai jadwal.
Lakukan pembersihan rutin pada area throttle body atau karburator, terutama jika motor sering menggunakan bahan bakar dengan kualitas kurang baik.
Sistem bahan bakar yang bersih tidak hanya mempermudah proses starter di pagi hari, tetapi juga secara langsung menjaga efisiensi dan performa mesin secara keseluruhan.
BACA JUGA:Setelah BP-AKR dan VIVO, Pertamina Penuhi Kebutuhan BBM Shell Sebanyak 100 MB
Melakukan Starter dengan Cara yang Tepat
Kesalahan umum yang sering dilakukan pengendara adalah memutar gas lebar-lebar saat berusaha menyalakan mesin motor injeksi yang sulit hidup.
Tindakan ini justru dapat memperparah keadaan dengan membuat mesin "banjir" bahan bakar.
Untuk motor dengan sistem injeksi modern, hindari memutar gas terlalu banyak.
Temukan konten Duniascooter.com menarik lainnya di Google News
- Tag
- Share
-
