Kesulitan Menyalakan Motor di Pagi Hari? Ikuti Panduan Berikut Ini
Kesulitan Menyalakan Motor di Pagi Hari? Ikuti Panduan Berikut Ini-Ilyasa Fajrin-Dok. Duniascooter
DUNIASCOOTER.COM --- Bagi pengendara motor, terutama di Indonesia, pagi hari adalah momen krusial untuk memulai aktivitas.
Namun, bayangan rutinitas yang lancar bisa seketika buyar ketika motor kesayangan tiba-tiba menunjukkan gejala “ngambek” saat distarter.
Baik tombol starter elektrik ditekan berkali-kali atau pedal kick starter diinjak berulang kali, mesin tetap enggan menyala.
Fenomena mesin motor yang sulit hidup, khususnya setelah didiamkan semalaman dalam suhu dingin, bukanlah masalah yang jarang terjadi.
BACA JUGA:Ojol Tak Perlu Khawatir Lagi! Iuran BPJS Kini Ditanggung Penuh oleh GoTo
Kondisi lingkungan yang dingin, kelembapan udara yang tinggi, dan yang paling penting, kondisi vitalitas beberapa komponen mesin yang sudah menurun, seringkali menjadi biang keladi di balik kesulitan ini.
Untungnya, sebagian besar masalah ini dapat diidentifikasi dan diatasi melalui pemeriksaan rutin tanpa perlu membongkar mesin secara menyeluruh.
Untuk mengatasi motor yang tidak responsif di pagi hari, kita perlu memahami bahwa mesin membutuhkan tiga elemen kunci agar pembakaran sempurna dapat terjadi.
Campuran udara dan bahan bakar yang ideal, kompresi yang kuat, serta percikan api yang sangat tepat waktu.
BACA JUGA:Saingi Skuter MAXi Jepang! QJMotor Fort 250 CBS Rilis, Bawa Mesin 250cc dengan Harga Terjangkau
Berikut adalah hal yang harus diperiksa dan dirawat secara berkala, yang memiliki peran dominan dalam proses penyalaan mesin.
Memastikan Kondisi Aki
Pada sepeda motor modern, terutama jenis injeksi (matic dan sport), aki atau baterai memegang peran sentral, bukan hanya untuk menghidupkan starter elektrik, tetapi juga untuk menyuplai daya ke Electronic Control Unit (ECU) dan pompa bahan bakar (fuel pump).
Aki yang lemah adalah penyebab utama kegagalan starter di pagi hari.
Temukan konten Duniascooter.com menarik lainnya di Google News
- Tag
- Share
-
