Murah! Biaya Perawatan Motor Listrik Yadea E8S Pro Cuma Rp 1 Jutaan, Ternyata Begini 'Rahasianya'?

Murah! Biaya Perawatan Motor Listrik Yadea E8S Pro Cuma Rp 1 Jutaan, Ternyata Begini 'Rahasianya'?

JAKARTA, DUNIASCOOTER.COM --- Saat memutuskan untuk membeli sepeda motor, ada satu hal penting yang perlu dipertimbangkan, yaitu biaya kepemilikan dan perawatan yang harus ditanggung sepanjang penggunaan kendaraan tersebut.

Tapi tunggu dulu, bayangkan jika ada motor listrik yang menawarkan biaya kepemilikan dan perawatan yang sangat terjangkau dibandingkan dengan motor konvensional. Apakah kamu tertarik? Nah, jangan khawatir, Yadea E8S Pro hadir untuk mewujudkan impianmu.

Mana ada sih, motor yang bisa menakar biaya konsumsi daya listrik? Well, Yadea E8S Pro memiliki segala jawabannya.

Misalnya, motor ini mampu menempuh jarak 64 Km hanya dengan menggunakan 2 bar baterai dari total 5 bar saat penuh. Wah, gimana dong cara mengisi baterainya?

BACA JUGA:Perlu Tau! Saat Knalpot Keluar Asap Warna Hitam Vs Putih di Skutik 4-Tak, Dari Sini Penyakit Motor Terdeteksi, Cek Bray...

BACA JUGA:Hore! Akhirnya 4 Syarat Dihapus, Beli Motor Listrik Jadi Gampang dan Murah, Dapat Subsidi Rp 7 Juta Cuma Butuh Surat ini?

Gampang banget, cukup menjalankannya dengan baterai berkapasitas 72V38Ah atau sekitar 2,736 kWh, dan menggunakan tarif listrik rumah sekitar 2.200 VA dengan biaya Rp 1.444 per kWh.

Pada akhirnya, biaya untuk mengisi baterai E8S Pro hingga penuh hanya sekitar Rp 3.950. Bayangkan, jika motor ini digunakan setiap hari dengan jarak tempuh sekitar 50 Km per hari selama satu tahun, maka biaya listrik yang diperlukan hanya sekitar Rp 1.441.750. Wow, keren kan?

Oh ya, jangan sampai lupa dengan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Tapi tenang aja, PKB untuk Yadea E8S Pro diperkirakan hanya sekitar Rp 116.000 setiap tahun. Hemat banget, kan?

Selain itu, kamu juga ga perlu khawatir dengan perawatan motor ini. Karena motor listrik, E8S Pro tidak memerlukan servis berkala seperti motor konvensional. Jadi, ga perlu repot deh.

BACA JUGA:Oii... Pemilik Skutik TVS Segera Merapat ke Dealer Terdekat, Ada Diskon Menarik di Program Service Lebaran 2023 Nih!

BACA JUGA:Serupa Tapi Tak Sama! Nih, Beberapa Perbedaan Honda Vario 160 Versi Malaysia dan Indonesia...

Tapi kalau ada komponen yang rusak, seperti baterai, tenang aja, Yadea punya solusinya. Mereka menyediakan suku cadang "slow moving" bagi E8S Pro.

Jadi, kamu ga perlu mengganti komponen yang masih bagus. Kamu hanya perlu mengganti komponen yang memang rusak. Hemat lagi, kan?

Tapi, berapa sih harga satu baterai tipe motor listrik? Menurut Samadin dari Yadea, harganya sekitar Rp 980.000.

Karena E8S Pro memiliki 6 baterai, maka biaya penggantian baterai bisa mencapai sekitar Rp 5,8 juta.

BACA JUGA:Hadirkan Vespa Batik di Acara Peresmian Pabrik, Piaggio Group Buktikan Komitmen Berbisnis di Indonesia

BACA JUGA:Peduli Korban Gempa Cianjur, Tim Nouvo Lovers Galang Dana Bantuan: Dibuka Sampai 3 Desember 2022

Temukan konten Duniascooter.com menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber