DUNIASCOOTER.COM --- Dunia skuter klasik kerap diwarnai dengan proyek modifikasi yang ekstrem, namun jarang ada yang seikonik dan seunik mahakarya yang satu ini.
Di ajang SIP Open Day Rimini Lambretta Centre, sebuah skuter mencuri perhatian, sebuah Lambretta yang ditenagai oleh mesin dua silinder (2-tak).
Yang membuatnya benar-benar istimewa, modifikasi gila ini bukanlah hasil karya tuner modern, melainkan sebuah proyek custom yang sudah diselesaikan sejak tahun 1974.
Motor ini bukan hanya artefak sejarah, tetapi bukti nyata kecerdasan teknis dan keberanian para mekanik di era Scooterist klasik.
BACA JUGA:Kesulitan Menyalakan Motor di Pagi Hari? Ikuti Panduan Berikut Ini
Motor legendaris ini adalah hasil karya Roberto Paffoni, seorang mekanik dari Rimini, Italia.
Di tengah gempuran motor-motor standar pada tahun 70-an, Roberto berani melakukan proyek yang kala itu dianggap gila: menyematkan dua jantung pacu dalam satu bingkai skuter.
Proyek ini sempat tertunda selama bertahun-tahun sebelum akhirnya diselesaikan dalam kondisi yang tidak terduga.
Kisah skuter dua silinder ini menjadi semakin menarik berkat sang pemilik saat ini, Tonino Zanchini.
BACA JUGA:Update Data AISI: Laporan Penjualan Sepeda Motor Nasional di November 2025 Turun
Pada akhir 1980-an, Tonino sedang memperbaiki motor Ducati Pantah miliknya di bengkel Roberto.
Ia melihat sebuah Lambretta yang belum selesai tanpa mesin di sudut bengkel.
Roberto menjelaskan bahwa itu adalah proyek masa kecilnya yang terbengkalai.
Dua bulan kemudian, secara mengejutkan, skuter itu telah selesai sepenuhnya, lengkap dengan mesin dua silinder rakitan sendiri.
BACA JUGA:Mulai Rp 1 Jutaan! TVS Racing dan MT Helmets Rilis Helm Baru Berstandar Internasional di India