Ketika Skuter Vespa PX Dijejali Mesin 221cc dan Livery Legendaris Le Mans Menghasilkan Vespa 787B

Senin 03-11-2025,11:40 WIB
Reporter : Ilyasa Fajrin
Editor : Ilyasa Fajrin

JAKARTA, DUNIASCOOTER.COM -- Menggabungkan dua ikon yang berbeda zaman dan genre yaitu skuter mungil Italia dan mobil balap ketahanan Jepang, menghasilkan sebuah karya kustom yang spektakuler. 

Inilah Vespa 787B, sebuah penghormatan dua roda yang luar biasa terhadap mobil legendaris Mazda 787B, satu-satunya mobil bertenaga rotary yang pernah memenangkan ajang balap 24 Hours of Le Mans pada tahun 1991.

Kreasi ini adalah hasil tangan dingin David Buderus, seorang Vespista (penggemar Vespa) asal Nuremberg, Jerman, yang telah berkutat dengan modifikasi skuter selama seperempat abad dan merupakan bagian dari klub Zennteifel Rollerclub. 

Dengan dasar sebuah Vespa PX80 E tahun 1982 yang sederhana, David mengubah skuter tersebut menjadi replika balap yang detailnya obsesif, memakan waktu hingga empat tahun pengerjaan.

BACA JUGA:Transformasi Vespa GT 200 Kustom Bernuansa Balap Karya Python Lair Designs


Transformasi dari Vespa PX80 E tahun 1982 yang sederhana menjadi skuter balap-@db.dominik.benke.db-instagram

Meskipun Mazda 787B ditenagai mesin Wankel empat-rotor 700 horsepower, Vespa PX80 E David awalnya hanya memiliki tenaga 6,8 hp. 

Menyadari tenaga kecil ini tidak akan memadai untuk sebuah replika balap, David segera mencopot mesin aslinya dan menggantinya dengan mesin 200 cc dari Vespa Cosa.

Mesin ini kemudian ditingkatkan secara ekstrem dengan dipasang kit silinder balap Malossi 221 cc untuk mendongkrak kapasitas dan performa.

Menggunakan kepala silinder yang dimodifikasi khusus dan dibekali sistem pendingin cairan (liquid-cooled).

BACA JUGA:Mengintip Detail Modifikasi Vespa 300 SuperSport Dari Deus ex Machina


Vespa klasik yang terlihat gahar-@db.dominik.benke.db-instagram

Sistem asupan bahan bakar diperbarui dengan karburator Keihin 35 mm yang terpasang pada intake manifold buatan khusus.

Blok katup buluh (reed valve) diganti dengan Tassinari Vforce 4.

Sistem pengapian di-upgrade menggunakan Vape ignition dari SIP Scootershop, dipadukan dengan flywheel buatan tangan, dan menghilangkan kick-starter.

Kategori :