JAKARTA, DUNIASCOOTER.COM -- Oli menjadi komponen yang cukup penting bagi performa sepeda motor.
Saat ini, terdapat tiga jenis roda dua, yaitu skuter matik (skutik), bebek, dan juga sport. Dari ketiganya, dibutuhkan oli yang berbeda-beda, yang disesuaikan dengan fungsinya masing-masing.
Hal pertama yang bisa dilihat, tentu saja perbedaan sistem kopling, yaitu untuk sepeda motor manual, memakai kopling basah, atau kopling terendam oli. Sedangkan skutik, memakai kopling kering.
Sebaiknya motor bertransmisi manual tidak menggunakan oli mesin yang memang dirancang khusus untuk motor transmisi otomatis. Oli motor yang dipakai untuk mesin otomatis memang dirancang khusus untuk motor kopling kering. Jika digunakan di motor kopling basah (manual) akan mengalami selip.
BACA JUGA:Kenali Kerusakan CVT Pada Motor Matic dan Cara Pencegahannya!
BACA JUGA:Avand Luncurkan Motor Listrik SC 121 dan SC 122, Banyak Fitur Menarik Harga Mulai Rp 10 Jutaan
Untuk oli yang khusus untuk motor manual kekentalan lebih tinggi dibandingkan sepeda motor matik.
Hal tersebut, karena oli motor bertransmisi manual akan bekerja lebih keras untuk memastikan proses perpindahan gigi bisa dilakukan sesuai kondisi jalan.
Sedangkan oli motor matik akan lebih encer, sesuai fungsinya yang hanya memberikan perlindungan terhadap mesin saja.
Selanjutnya, agar tidak salah pilih silakan kode olinya, ada cara yang paling mudah untuk mengetahui perbedaan kedua oli untuk transmisi manual dan otomatis. Ambil contoh dengan melihat kode JASO (Japanese Automotive Standards Association).
BACA JUGA:Tips Berkendara Aman Saat Tikungan Menggunakan Motor Matic Ala Honda Babel
BACA JUGA:Yamaha Fazzio Modifest 2024 Makassar, Modifikasi Tipis-tipis Ala Budget Pelajar!
Oli untuk motor manual akan ada tulisan JASO MA. Kode tersebut menunjukkan bahwa oli tersebut mengandung zat aditif berupa senyawa yang berfungsi untuk membuat kopling menjadi presisi.
Jika tetap memaksa untuk menggunakan oli motor matik akan membuat pergeseran gigi menjadi kasar. Ditambah lagi jika oli berkode JASO MB untuk skutik (kopling kering) digunakan di motor dengan kopling, basah sangat berpotensi munculnya selip pada kopling dan ini tentu berbahaya bagi pengendara.