Cara Ngerem Motor Matic di Turunan, Aman Biar Nggak Nyelonong

Kamis 12-09-2024,12:39 WIB
Reporter : Alvin Septian
Editor : Alvin Septian

JAKARTA, DUNIASCOOTER.COM -- Mengendarai motor matic cenderung lebih mudah. Pengendalian seluruhnya hanya ada pada tangan kiri dan kanan. Meski begitu, kamu tetap harus memahami teknik-teknik berkendara motor matic.

Khususnya saat melintasi turunan, salah-salah bisa jadi motor nyelonong dan berujung celaka. Berikut ini teknik berkendara motor matic di turunan yang gampang dipahami agar tetap aman.

Cara Ngerem Motor Matic di Turunan

1. Rem Berfungsi dengan Baik

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan motor dalam kondisi baik. Cek kondisi rem apakah dapat berfungsi dengan baik dan pastikan tidak ada bagian yang aus atau rusak. Periksa juga kondisi cairan rem. Bila cairan rem terlalu sedikit, maka tambahkan sesuai dengan anjuran.

BACA JUGA:Tren Modifikasi Vespa Gaya Racing Kini Ramai di Kalangan Anak Muda 2024

BACA JUGA:Lewat Kolaborasi E-Sport dan Honda PCX 160, PT Wahana Makmur Sejati Meriahkan Roar Fest 8

2. Tak Perlu Ngebut

Saat melintas di turunan, pastikan kecepatan motor tak melebihi ambang batas. Tak perlu ngebut-ngebut saat melintas diturunan agar kondisi motor tetap stabil. Perlu diingat juga agar tidak langsung mengosongkan gas saat melintas di turunan. Jadi saat melintas di turunan tajam, hanya perlu mengurangi kecepatan.

3. Posisi Jari di Masing-masing tuas Rem

Posisikan empat jari tangan kanan dan kiri di masing-masing tuas rem. Ingat, ketika mengerem di jalanan yang turun keempat jari (kelingking, jari manis, jari tengah, dan jari telunjuk) harus selalu siaga di handle rem.

Sementara itu, jari jempol harus selalu siap di grip gas untuk mengatur laju gas motor matic. Cengkeram tuas rem secukupnya, jangan terlalu dalam agar rem tidak terlalu mencengkeram yang malah bisa membuat motor kehilangan kestabilannya.

BACA JUGA:White Motorcycle Concepts Meluncurkan Sepeda Motor Aero-Listrik Pertama di Dunia Yang Dirancang Khusus Untuk Armada dan Petugas Tanggap Darurat

BACA JUGA:Atmosfer Luar Biasa Honda DBL North & Central Jakarta Region, Jubilee Terlalu Superior Raih Dua Gelar Sekaligus

4. Prioritas Gunakan Rem Depan

Kategori :