Catat Bray! 4 Hal ini Bisa Jadi Tanda Oli Transmisi atau Oli Gardan Harus Diganti, Salah Satunya Mesin Overheat

Jumat 30-08-2024,03:17 WIB
Reporter : Denmas
Editor : T. Sucipto

Lebih buruk lagi, dampak telat mengganti oli transmisi bisa menyebabkan oli gardan motor matic berkurang dan ini memicu kerusakan pada beberapa bearing yang ada di dalam gardan. 

Salah satunya adalah bearing gardan pada box CVT yang berfungsi untuk menyelaraskan putaran mesin motor matic dan pulley bagian depan. 

Kondisi bearing gardan yang goyang atau rusak bisa ditandai dengan munculnya suara yang kasar seiring dengan kian meningkatnya laju motor matic saat dipacu.  

3. Tercium Bau Tidak Enak 

Saat menyalakan motor matic kesayangan, tiba-tiba braysis mencium bau gak enak? Bisa jadi oli gardannya habis atau sudah terlalu kotor.

BACA JUGA:Wahana Ajak Bikers PCX Jakarta Rolling City Sambil Donasi di Perayaan HUT RI ke-79

BACA JUGA:Sehat Sekaligus Dapat Banyak Hadiah, Buruan Ikut Event Senam Kreasi Gear 125 di Kotamu Braysis

Nah, kalo kalian sudah menemui indikasi ini, jangan ditunda lagi, segera bawa motor matic Anda ke bengkel resmi terdekat untuk mengganti oli gardan. 

4. Oli Keluar dari Gardan

Last but not least, tanda ke-4 adalah kalau kalian menemukan oli gardan sudah benar-benar habis, adalah ketika terlihat adanya tanda-tanda kebocoran oli di bagian gardan. Seperti, munculnya oli yang keluar atau rembes di sekitar gardan atau di bagian bawah motor. 

OLI TRANSMISI ATAU OLI GARDAN

Di setiap motor matik atau biasa disebut skutik (skuter matik), dari sejak kelahirannya dibekali 2 oli sekaligus. 

Pertama, oli mesin yang ditampung dalam bak mesin. Lalu yang kedua adalah oli transmisi atau biasanya disebut oli gardan. 


Ada 4 Hal Bisa Jadi Tanda Oli Gardan atau Oli Transmisi Sudah Harus Diganti-Honda-Honda

"Oli transmisi yang sering disebut sebagai oli tambahan ini, fungsinya tentu untuk melumasi komponen bergesekan pada mekanisme CVT," sambung Hasan.  

Sama pentingnya dengan oli mesin, sayangnya keberadaan oli transmisi ini sering banget  disepelein sama para pemilik motor. 

Kategori :