Biar Makin Paham! Knowledge Seputar Kampas Ganda di Skuter Matik: Fungsi, Sistem Kerja dan Cara Merawatnya
JAKARTA, DUNIASCOOTER.COM --- Mungkin sebagian pengendara belum sepenuhnya memahami peran penting dari kampas ganda pada motor matic.
Seperti komponen lainnya dalam kendaraan, kampas ganda memiliki fungsi yang signifikan, terutama dalam sistem CVT (Continuously Variable Transmission) yang berperan dalam mentransmisikan tenaga dari mesin ke roda, memungkinkan kendaraan bergerak.
Apa sebenarnya fungsi kampas ganda ini? Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, kampas ganda memiliki peran sebagai penyalur dan pemutus tenaga.
Ketika motor sedang melaju, RPM (Revolutions Per Minute) meningkat. Semakin tinggi RPM, semakin kuat gaya sentrifugal kampas ganda dalam menekan kopling. Oleh karena itu, peran komponen ini sangat penting, dan pengendara harus memperhatikan kondisinya.
Pada motor matic, penting untuk menjaga area komponen CVT tetap kering dan bersih. Ini karena kotoran atau air yang masuk ke dalam CVT dapat mengganggu kinerja kampas ganda dan mengurangi performa motor.
Selain itu, masa pakai kampas ganda perlu dipantau. Ketika sudah mengalami keausan, sebaiknya segera diganti dengan yang baru.
Biasanya, masa pakai kampas ganda berkisar antara 24.000 km hingga 35.000 km, tetapi bisa lebih cepat tergantung pada kondisi penggunaan kendaraan.
Tidak mengganti kampas ganda yang sudah aus dapat berdampak negatif pada motor, seperti perubahan tarikan gas dan penurunan tenaga.
Selain itu, gejala lain yang mungkin muncul meliputi getaran saat meningkatkan kecepatan dan percepatan kendaraan yang berkurang.
Itulah penjelasan tentang fungsi kampas ganda pada motor matic. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan dapat meningkatkan pemahaman Anda mengenai pentingnya perawatan komponen ini.
Temukan konten Duniascooter.com menarik lainnya di Google News
- Source
- Tag
- Share
-