Terkuak! Ternyata Rangka eSAF Tak Perlu Perawatan Khusus, Buku Manual Sebagai Jawaban?

Terkuak! Ternyata Rangka eSAF Tak Perlu Perawatan Khusus, Buku Manual Sebagai Jawaban?

JAKARTA, DUNIASCOOTER.COM ---  Sudah banyak yang tau, enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) yang digunakan oleh motor matik Honda masih menjadi topik perbincangan yang relevan hingga saat ini.

Banyak konten, termasuk video, yang membahas masalah yang mungkin dihadapi oleh jenis rangka motor ini, seperti korosi dan keretakan.

Dari sini, muncul pertanyaan tentang bagaimana merawat rangka motor jenis ini sesuai dengan pedoman pemilik?

Duniascooter (DS) melakukan pengecekan terhadap isi buku manual pemilik Honda BeAT dan BeAT Street pada Senin (4/9/2023). Secara umum, tidak ada petunjuk khusus mengenai perawatan rangka eSAF yang disebutkan dalam buku manual.

BACA JUGA:Akhirnya! Yamaha Luncurkan Skuter Matik Terbaru: Grand Filano Hybrid, Cek Kecanggihannya yuk

BACA JUGA:Kolaborasi Ciamik Beam Mobility bareng Kantor Walikota Bogor: Tawarkan Moda Transportasi Aman dan Teratur di Kota Bogor

Di bagian yang berjudul "Merawat Kendaraan Anda" pada halaman 110, hanya ada penjelasan tentang faktor-faktor yang dapat menyebabkan korosi.

"Air laut dan garam yang digunakan untuk mencegah pembentukan es di jalan dapat menyebabkan korosi.

Selalu bersihkan kendaraan Anda secara menyeluruh setelah berkendara di daerah pesisir atau jalan non-aspal," demikian yang tertulis di halaman tersebut.

Selanjutnya, buku manual Honda BeAT menjelaskan cara mencuci motor, termasuk proses pembilasan, penggunaan spons, penggunaan air bersih, pelumasan bagi bagian yang bergerak, dan pengolesan lapisan wax untuk mencegah korosi.

BACA JUGA:Pede! Punya Teknologi Komplet, Loncin SR150GT Diklaim Siap 'Tempur' Hadapi Yamaha NMax dan Honda PCX di Kelas Skutik Bongsor

BACA JUGA:Fuji Rabbit: Sejarah Skuter Jepang yang Legendaris, Sempat Jadi Kendaraan Pasca Perang Dunia II

Di bagian selanjutnya, terdapat penjelasan mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan saat mencuci motor, mulai dari larangan menggunakan semprotan air bertekanan tinggi hingga tidak menggunakan wax atau bahan pemoles pada permukaan yang dicat dengan warna matte.

Meskipun demikian, buku manual tersebut menegaskan bahwa aluminium dapat mengalami korosi jika terpapar kotoran, lumpur, atau garam yang ada di permukaan jalan.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk membersihkan bagian-bagian aluminium secara teratur dan mengikuti petunjuk yang sesuai.

"Jangan gunakan sikat yang keras, sabut baja, atau pembersih yang mengandung bahan abrasif," demikian petunjuk pertama.

BACA JUGA:River Indie: Skuter Listrik Perdana dari India dengan Berjibun Fitur Langsung Menggebrak Pasar

BACA JUGA:Fitur Melimpah, Kymco I-One DX Siap Ikuti Jejak Kesuksesan Generasi Sang Pendahulu di Amsterdam?

"Pastikan untuk tidak menghantam atau menabrak pembatas jalan," jelas petunjuk kedua.

Tidak ada salahnya untuk sesekali memeriksa dan membersihkan rangka motor. Setidaknya, pemilik motor dapat melakukan perawatan mandiri sesuai dengan panduan dalam buku manual, atau mengonsultasikan dengan bengkel resmi.

Selain itu, Honda memberikan garansi untuk rangka selama satu tahun atau 10.000 kilometer yang dapat diklaim oleh pemilik motor.

 

Temukan konten Duniascooter.com menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber