Simak! Profil Skutik Silver Pigeon, Sejarah Mitsubishi dalam Dunia Skuter di Dunia

Simak! Profil Skutik Silver Pigeon, Sejarah Mitsubishi dalam Dunia Skuter di Dunia

JAKARTA, DUNIASCOOTER.COM --- Sebelum dikenal sebagai produsen mobil ternama, Mitsubishi memiliki sejarah panjang dalam dunia skuter.

Salah satu produk ikonik mereka adalah Mitsubishi Silver Pigeon, yang berhasil meraih kesuksesan selama lebih dari 15 tahun dan dianggap sebagai skuter terbaik pada masanya.

Mitsubishi Silver Pigeon pertama kali diperkenalkan pada tahun 1946 dan tetap populer hingga tahun 1963, ketika produksinya akhirnya dihentikan.

Selama periode 17 tahun ini, Mitsubishi menghadirkan setidaknya 17 model yang berbeda. Namun, perlu diingat bahwa mereka tidak merilis versi facelift dari Mitsubishi Silver Pigeon setiap tahun.

BACA JUGA:Clear! Jawab Pertanyaan Soal Kapan Vespa Elettrica Masuk ke Indonesia, PT Piaggio Indonesia Beri Penjelasan Mengejutkan

BACA JUGA:Menohok! Tanggapi Soal Desain Vespa 'Ditiru' Banyak Motor Listrik di Indonesia, Marco: Hanya ada Satu Vespa!

Pada tahun 1960, Mitsubishi meluncurkan 5 varian baru, yaitu C-111, C-200, C-300, C76, dan C110. Di tahun yang sama, mereka juga memperkenalkan varian baru dari C-300.

Hal ini berarti beragam kapasitas dan jenis mesin ditawarkan, mulai dari 112cc, 125cc, 143cc, 175cc 2-tak, 175cc 4-tak, 192cc 2-tak, 192cc 4-tak, hingga yang terbesar, 210cc dengan konfigurasi 2-tak dan 4-tak.

Versi pertama Mitsubishi Silver Pigeon, yang memiliki kode C-10, diimpor langsung dari Amerika Serikat oleh pemimpin Mitsubishi saat itu, Koujiro Mruyama. Motor ini menjadi landasan kesuksesan Mitsubishi Silver Pigeon di Jepang.

Prestasi Mitsubishi Silver Pigeon C-10 semakin meningkat setelah Perang Dunia II, saat motor ini diangkat sebagai kendaraan resmi Kerajaan Jepang.

BACA JUGA:Jatuh Cinta pada Motor Listrik, Tya Ariestya Pilih Viar Q1 L, Ternyata Alasannya Sepele Bray...

BACA JUGA:Dijual Cuma Rp 15 Jutaan, Viar EV1 Jadi Skuter Listrik Paling Modern dengan Sentuhan Klasik Vespa

Bahkan, skuter ini termasuk dalam daftar 240 kendaraan asli Jepang yang dirilis oleh The Society of Automotive Engineers of Japan.

Dari berbagai model yang beredar selama 17 tahun, Mitsubishi berhasil menjual sebanyak 463 ribu unit Mitsubishi Silver Pigeon.

Varian terlarisnya adalah Mitsubishi Silver Pigeon C-200 keluaran tahun 1960, dengan total penjualan mencapai 38.000 unit.

Temukan konten Duniascooter.com menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber