Praktis! Perawatan Motor Listrik Lebih Efisien dan Singkat: Cukup Fokus pada Peranti ini Bray

Praktis! Perawatan Motor Listrik Lebih Efisien dan Singkat: Cukup Fokus pada Peranti ini Bray

JAKARTA, DUNIASCOOTER.COM --- Seperti halnya sepeda motor konvensional, motor listrik juga membutuhkan perawatan berkala.

Namun, servis untuk motor listrik diklaim lebih singkat dibandingkan motor dengan mesin bakar internal.

Menurut Samadin, Kepala Cabang Yadea Pasar Minggu, pengecekan utama pada motor listrik umumnya difokuskan pada sistem kelistrikan.

"Servis motor listrik atau sepeda listrik terutama hanya melibatkan pengecekan daya pada sistem kelistrikan, termasuk baterai dan lampu-lampu, serta kampas rem," ujar Samadin seperti dikutip dari berbagai sumber.

BACA JUGA:Investasi 75 Juta Dolar Amerika di HIF Global LLC, Porsche Dukung Pengembangan Produksi eFuel Berkelanjutan

BACA JUGA:Inovatif! Konsep Skuter Listrik Vfly N100 Max Diklaim Setara Motor Bermesin Bensin 100-110 cc

Selain itu, menurut Samadin berbeda dengan motor-motor konvensional, waktu yang dibutuhkan juga tidak lama, "Paling lama setengah jam," tambahnya.

Selanjutnya, pengecekan dilakukan pada dinamo motor listrik dan controller yang memiliki peran serupa dengan Electronic Control Unit (ECU) pada motor konvensional.

"Pengecekan pada dinamo biasanya dapat dilakukan secara visual, jika tidak ada masalah, maka tidak perlu lebih lanjut.

Namun, jika ada masalah, dinamo perlu diganti," jelas Samadin.

BACA JUGA:Sah! Naik Skuter Listrik di Jepang Tidak Perlu Punya SIM, Cek Nih, Aturan Lengkapnya

BACA JUGA:Terkuak! Banyak Skuter Listrik Terbakar di India, Ternyata Penyebabnya Pada Sel Baterai, Kok Bisa?

"Controller hanya diperiksa pada aspek daya. Konsumen mengukur efisiensi dengan kapasitas baterai penuh dan tenaga yang dihasilkan.

Itu termasuk dalam pengecekan kelistrikan," lanjutnya.

Lebih jauh, Samadin juga mengungkapkan bahwa keluhan dari konsumen motor listrik umumnya bersifat sederhana. Banyak dari mereka bahkan sudah berkonsultasi sebelumnya sebelum datang ke bengkel resmi.

"Jadi, konsumen yang datang ke bengkel umumnya sudah memiliki permintaan keluhan tertentu, dan kami akan menganalisisnya terlebih dahulu," ungkap pria ramah ini pada media.

BACA JUGA:Respek! Edisi Khusus Vespa Batik: Cara Piaggio Indonesia Lestarikan Budaya Indonesia

BACA JUGA:Vespa 946 10° Anniversario: Edisi Spesial untuk Merayakan Ultah ke-10, Ada Budaya Tionghoa?

"Keluhan dari konsumen umumnya tidak serumit yang mungkin kami bayangkan. Sebagai contoh, banyak yang mengeluhkan daya baterai tidak sesuai dengan tampilan di dasbor. Namun, ternyata hanya karena waktu pengisian baterai yang kurang," pungkasnya.

Temukan konten Duniascooter.com menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber