DUNIASCOOTER.COM -- Direktorat Registrasi dan Identifikasi (Regident) Korlantas Polri menegaskan kembali komitmennya untuk menghadirkan pelayanan publik yang modern, tangkas, dan berorientasi penuh pada kebutuhan masyarakat.
Penegasan ini disampaikan dalam acara penting Rapat Evaluasi Pelaksanaan Tugas Bidang Regident Tahun Anggaran 2025 yang diselenggarakan di Bandung, Jawa Barat.
Direktur Regident Korlantas Polri, Brigjen Pol Wibowo, menyatakan bahwa forum evaluasi ini krusial untuk memastikan bahwa semua lini layanan Regident berfungsi secara optimal dan memberikan manfaat yang bersifat permanen bagi masyarakat luas.
“Fokus kami adalah memastikan seluruh operasional pelayanan yang dijalankan oleh jajaran dapat berjalan dengan baik,” ungkap Brigjen Pol Wibowo.
BACA JUGA:Korlantas Polri Mulai Operasi Zebra 2025 dengan Tiga Parameter Prioritas Mencakup Balap Liar
“Lebih lanjut, pemanfaatan teknologi harus tepat sasaran, memberikan solusi, dan membawa dampak positif yang berkelanjutan bagi publik,” lanjutnya.
Brigjen Wibowo menjelaskan bahwa salah satu aspek utama yang dievaluasi adalah peningkatan mutu layanan agar mampu beradaptasi dengan tuntutan dan keunikan masyarakat di berbagai wilayah.
“Hal fundamental yang harus kita perbaiki bersama adalah bagaimana pelayanan yang kita sediakan dapat terasa semakin dekat dengan masyarakat, menyesuaikan dengan ciri khas dan budaya setempat yang tentunya beragam di seluruh Indonesia,” tambahnya, menekankan pentingnya service proximity dan adaptabilitas kultural.
Brigjen Pol Wibowo juga menyampaikan arahan tegas dari Kakorlantas Polri, Irjen Pol Agus Suryonugroho, agar standar pelayanan di bidang Regident ditingkatkan menjadi lebih cepat, mudah diakses, dan efisien secara waktu.
“Arahan Kakorlantas sangat jelas, bahwa kecepatan pelayanan kita harus setara dengan kecepatan saat masyarakat membeli pulsa atau melakukan transaksi digital lainnya,” tegasnya.
“Kami tidak ingin masyarakat merasa bangga karena mereka terkena tilang, melainkan karena mereka mendapatkan pelayanan registrasi yang prima, cepat, dan berkualitas,” tambahnya.
Jajaran Regident berkomitmen penuh untuk terus memperkuat strategi transformasi digital dan inovasi layanan publik yang langsung menyentuh masyarakat.
Mengingat fungsi Regident sangat erat kaitannya dengan interaksi langsung bersama masyarakat (seperti pengurusan SIM, STNK, dan BPKB), perubahan fundamental sangat dibutuhkan.
BACA JUGA:Keren! Begini, Strategi Korlantas Polri Revitalisasi Layanan Keselamatan Publik