JAKARTA, DUNIASCOOTER.COM --- Motor matik memang memerlukan lebih banyak bahan bakar dibandingkan dengan motor manual karena memiliki banyak gear yang terpasang.
Pada motor matik, pengaturan gear atau kecepatan tidak melibatkan perseneling seperti pada motor manual yang dapat menghemat bahan bakar.
Namun, ada beberapa tips yang dapat membantu Anda menghemat bahan bakar saat menggunakan motor matik:
1. Tidak Sering Memanaskan Motor: Memanaskan motor sebelum penggunaan tidak diperlukan, bahkan untuk motor dengan teknologi injeksi.
Sebaiknya, Anda dapat menggunakan motor langsung setelah mesin dinyalakan. Kalaupun mau dipanaskan cukup selama 1 menit.
2. Atur Kecepatan dengan Bijak: Kecepatan kendaraan dapat berpengaruh pada konsumsi bahan bakar.
Menggunakan kendaraan dengan kecepatan yang stabil dan tidak terlalu tinggi akan menghemat bahan bakar.
3. Ganti Filter Udara secara Berkala: Filter udara yang kotor dapat mempengaruhi efisiensi bahan bakar.
Filter yang kotor dapat menghambat aliran udara ke dalam sistem pembakaran, yang berarti bahan bakar akan terbuang dengan sia-sia.
Dengan merawat filter udara secara rutin, Anda dapat menghemat bahan bakar.
4. Jangan Overload: Membawa terlalu banyak barang atau muatan berlebihan dapat membuat motor bekerja lebih keras dan mengonsumsi lebih banyak bahan bakar. Pastikan untuk tidak membawa barang yang tidak perlu.
5. Hindari Jalan Rusak: Melewati jalan berlubang atau rusak dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar karena motor harus bekerja lebih keras.
BACA JUGA:Nyeleneh! Menjelajah Rumah Pakai Skuter Listrik Inokim, Ternyata Begini Alasan Paris Hilton
Cobalah untuk menghindari jalanan yang rusak agar hemat bahan bakar dan menjaga kesehatan motor Anda.
6. Perhatikan Tekanan Udara Ban: Pastikan ban motor memiliki tekanan udara yang sesuai. Ban yang kempes dapat membuat motor bekerja lebih keras dan mengurangi efisiensi bahan bakar.
Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar motor matic Anda dan menghemat pengeluaran Anda dalam jangka panjang.